KARYA ILMIAH REMAJA (KARILJA)
SMAN 19 SURABAYA
I. Pendahuluan
Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 19 Surabaya merupakan wadah bagi siswa yang memiliki minat dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. KIR berperan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan inovatif melalui kegiatan penelitian yang berbasis metode ilmiah.
A) Visi KIR
1. Menciptakan peserta didik yang Kreatif, Inovatif, Rasional
B) Misi KIR
1. Memberikan kebebasan siswa dalam berkarya
2. Menampung aspirasi siswa serta merealisasikannya
3. Melatih kepribadian siswa dalam berpikir rasional
4. Meningkatkan dasar kreativitas siswa
5. Menghasilkan karya kreatif dan memiliki daya guna
II. Tujuan Ekstrakurikuler
1. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam menyelesaikan permasalahan.
2. Mendorong siswa untuk melakukan penelitian ilmiah yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.
3. Menumbuhkan sikap ilmiah seperti ketekunan, kejujuran, kerja sama, dan rasa ingin tahu.
4. Membantu siswa dalam mengikuti kompetisi ilmiah seperti lomba karya tulis, lomba penelitian, dan lain-lain.
5. Meningkatkan keterampilan komunikasi dan presentasi dalam menyampaikan hasil penelitian.
III. Kegiatan Ekstrakurikuler
1. Materi Pelatihan dan Diskusi Ilmiah – Mengulas berbagai topik penelitian, metodologi penelitian, dan pengolahan data.
2. Pelatihan – Pelatihan penulisan karya ilmiah, penelitian lapangan, serta teknik presentasi hasil penelitian.
3. Penelitian dan Eksperimen – Siswa melakukan penelitian sesuai dengan bidang yang diminati, baik individu maupun kelompok.
4. Partisipasi dalam Lomba dan Seminar – Mengikuti kompetisi penelitian tingkat sekolah, kota, provinsi, hingga nasional.
5. Observasi Sains dan Sosial – Melakukan observasi di luar untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru
6. TOL (Training of Leadership) – Diklat/Pelantikan anggota karya ilmiah remaja dan pergantian kepengurusan
7. Bakti Sosial – Dilaksanakan di bulan ramadhan yaitu berbagi dengan anak-anak panti asuhan maupun kepada yang membutuhkan.
8. MOL (Making Of Leadership) – Kegiatan interaktif dengan games dan menyelesaikan tantangan dengan menyelesaikan kuis-kuis seru diluar sekolah yang bertujuan mempererat solidaritas antar angkatan.
IV. Sasaran
Ekstrakurikuler KIR terbuka bagi seluruh siswa SMAN 19 Surabaya yang memiliki ketertarikan dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. KIR dirancang untuk siswa yang ingin mengasah keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, serta menulis karya ilmiah. Selain itu, KIR juga menjadi wadah bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam berbagai kompetisi akademik serta mengembangkan keterampilan komunikasi dan kerja sama dalam tim.
V. Manfaat
1. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.
2. Memahami metode ilmiah secara lebih mendalam dan menerapkannya dalam penelitian.
3. Melatih keterampilan menulis karya ilmiah dengan baik dan sistematis.
4. Mempersiapkan siswa untuk mengikuti berbagai lomba penelitian dan karya tulis ilmiah di tingkat sekolah hingga nasional.
5. Meningkatkan keterampilan komunikasi dalam menyampaikan ide dan hasil penelitian.
6. Melatih kerja sama tim dalam melakukan penelitian dan menyusun laporan.
7. Menumbuhkan rasa percaya diri saat mempresentasikan hasil penelitian.
8. Memberikan bekal pengalaman bagi siswa yang ingin melanjutkan studi di bidang sains, sosial, atau teknologi..
VI. Penutup
KIR SMAN 19 Surabaya berkomitmen untuk menjadi wadah pengembangan potensi akademik dan non-akademik siswa dalam bidang penelitian. Dengan semangat inovasi dan kolaborasi, KIR diharapkan mampu mencetak generasi muda yang kompetitif, kritis, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Komentar
Posting Komentar